Training Of Trainer (TOT) untuk Saksi DPD Partai Demokrat Jabar

January 16, 2013

Dalam rangka menghadapi PILGUB 2013, PILEG dan PILPRES 2014, DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat melalui Divisi Kaderisasi, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (DKKPD) dan Komisi Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) Saksi dengan peserta adalah para kader Partai Demokrat dari perwakilan seluruh DPC (Pengurus Partai Demokrat tingkat kabupaten dan kota) yang ada di lingkungan DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat.

IMG_0258

Kegiatan tersebut diselenggaran pada hari Minggu, 13 Januari 2013 bertempat di Wisma Diklat Bina Marga Jl. Martadinata No 199 Bandung. Dalam kesempatan itu,  Bapak H Iwan Sulandjana dan Dr Herlas Juniar, MT selaku Ketua dan sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat membuka sekaligus memberikan materi dan motivasi kepada peserta. Dalam sambutannya, Ketua DPD Partai Demokrat, bapak Iwan Sulanjana mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk memberikan wawasan bagi calon-calon trainer di 26 DPC Partai Demokrat Kabupaten/kota masing-masing seluruh Jawa Barat. Suatu saat para trainer ini pula yang akan melaksanakan kegiatan serupa dengan fokus peserta para saksi yang berasal dari kader partai Demokrat baik untuk kepentingan saksi Pilgub, Pileg maupun Pilpres.

Selain itu, para peserta TOT juga dibekali berbagai materi wawasan kepartaian dan wawasan kepelatihanan, seperti materi Strategi Membangun Jaringan Organisasi Berbasis IT oleh Direktur Eksekutif Bapak Toto Riyanto, Recruitment dan Management saksi oleh Tombak Gapura dan Iwan Setiawan, Juklas dan Juknis PILGUB oleh KPU dan Panwaslu Jabar, Konsep dasar Trainer oleh Marlin Marpaung  serta materi Strategi Pemenangan Pilgub oleh Ir Dodi Rahardi.

IMG_0006

TOT saksi ini diikuti 52 peserta dari 26 perwakilan DPC Kabupaten/Kota se Jawa Barat. Menurut Koordinator DKKPD, Wawan Darmawan targetannya bukan hanya menguasai bahan ajar, namun kemampuan mendesain training/pengajaran, menguasai teknik delivery yang efektif, kemampuan membangkitkan motivasi dan interaksi, serta penanganan berbagi tipe audiens agar dalam kinerjanya sebagai trainers di daerahnya (DPC) dapat berjalan secara efektif dan sesuai dengan target pencapaian.

IMG_0105

Karenanya, menurut Wawan Darmawan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan Trainers (para pendidik) untuk tujuan recruitmen dan management, meningkatkan skills (kemampuan) sebagai trainer (pengkader/pendidik/pelatih), menginternalisasikan jiwa pendidik dalam diri trainers dalam rangka menjalankan fungsi pendidikan politik, memberikan motivasi dan semangat juang kader partai, serta membuat networking (jaringan kerja) di antara trainers DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat.

IMG_0161

Kegiatan ini merupakan upaya pendidikan politik, terutama dalam menyediakan para pengader, pendidik, atau pelatih di lingkungan DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik Pasal 1 ayat 4 yang menyatakan bahwa “pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”  tutur Koordinator KPPD, Tombak Gapura

IMG_0315

IMG_0273

Categories: NEWS | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: