Pelantikan KORDA & SEKSI DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat

January 27, 2013

sya-herlas_27012013223852

Bandung,-  DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat menempatkan kader perempuan menjadi Koordinator Daerah (Korda) seluruh provinsi itu.

“Semua Korda DPD Partai Demokrat ditunjuk perempuan, mereka menempati posisi ketua dan wakilnya. Mereka mendapat peran besar di Demokrat dan memenuhi kapasitas untuk menjadi koordinator partai ini di daerah,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Iwan Ridwan Sulanjana pada Pelantikan Korda dan Seksi DPD Partai Demokrat Jawa Barat di Bandung, Minggu 27 Januari 2013.

Menurut Iwan, DPD Jabar membagi Provinsi Jabar ke dalam 11 Koordinator Daerah, dan semuanya dipimpin oleh kader perempuan yang selama ini memiliki loyalitas dan kapabilitas untuk menjadi ‘panglima’ bagi partai itu di daerah.
“Semuanya ada 11 korda, jadi ada 22 kader wanita Demokrat yang menjadi koordinator di sana. Kami optimis gerakan mereka dinamis dan bisa mengkoordinasikan kader Partai Demokrat di daerahnya,” kata Iwan Sulanjana.

Tidak hanya di Koordinator Daerah, DPD Partai Demokrat Jabar juga memberikan porsi lebih banyak bagi wanita dalam kepengurusan partai itu. Iwan menegaskan, partainya tidak mempersoalkan gender dalam kepemimpinan dan kepengurusan partai, karena yang terpenting adalah kesatuan langkah dan kekompakkan dalam menerjemahkan amanat partai untuk mensukseskan 3S yakni sukses Pilgub, sukses pemilihan legislatif dan sukses pemilihan presiden.

“Mereka memang perempuan, namun mereka sanggup mengemban sebagai ‘panglima’ di daerah, mengkoordinasikan DPC di seluruh Jabar,” katanya.
Para wanita Korda DPD Partai Demokrat Jabar itu langsung mengemban tugas dan tantangan cukup berat untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur Jabar dimana partai itu mengusung pasangan H Dede Yusuf dan Leks Laksamana.

Terkait komposisi kepengurusan DPD Partai Demokrat Jabar yang berjumlah cukup banyak, Iwan menyatakan sebagai partai modern DPD Partai Demokrat Jabar mengakomodasikan dan menyesuaikan dengan struktur pemerintahan.
“Sebagai partai besar kami dituntut untuk menyesuaikan dengan struktur pemerintahan, dinas-dinas di daerah, sehingga DPD Partai Demokrat Jabar membentuk seksi-seksi sesuai dengan struktur itu, sehingga koordinasi dan pengawasan bisa optimal,” kata Iwan Sulanjana.

Sementara itu Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Barat, H Herlas Juniar menyatakan partainya komitmen melakukan pemantapan strategi untuk merealisasikan 3S yang diemban partai.

“Fokus saat ini untuk mensukseskan calon kami di Pilkada Jabar selain itu menyiapkan pondasi kuat untuk pemilihan legislatif dan presiden. Mesin partai sudah bergerak dan akan terus bergerak,” kata Herlas Juniar.

Menurut Herlas, DPD Partai Demokrat Jabar telah menyiapkan strategi dan operasi khusus untuk optimalisasi program yang digulirkan, dengan target untuk minimal mempertahankan raihan 24,6 persen suara pada Pemilihan Legislatif 2014.

 

LANCARKAN ‘KAMPANYE BISIK’

Dalam kesempatan ini pula DPD Partai Demokrat menginstruksikan seluruh kadernya untuk melancarkan ‘Kampanye Bisik” menjelang Pilkada Jabar dan Pemilu Legislatif untuk menarik dukungan dari masyarakat.

“Seluruh kader Demokrat wajib melancarkan kampanye bisik, bagaimanapun caranya silakan berimprovisasi. Jangan sia-siakan sisa waktu, lakukan ajakan dnegan berbisik… berbisik… dan berbuat untuk rakyat,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Iwan Ridwan Sulanjana pada pengukuhan Korda dan Seksi DPD Demokrat Jabar di Bandung, Minggu.

Iwan menyebutkan, kampanye bisik merupakan kampanye yang akan dilakukan oleh partai itu untuk mengajak dan menghimpun dukungan untuk Pilkada Jabar dan Pemilu Legislatif. Setiap kader wajib membisik orang di sekitarnya dan mengajak secara positif untuk berkarya bersama partai itu.
“Kapanpun kampanye harus dilakukan namun harus proporsional, sedangkan kampanye terbuka nanti di atas panggung saat kampanye Pilkada atau Pileg,” kata Iwan. Lebih lanjut Iwan menegaskan target Partai Demokrat di Jabar adalah mempertahankan raihan 24,6 persen suara yang diraihnya pada Pemilu 2009.

Ia menyebutkan kondisi itu bukan hal mudah, dan menuntut kerja keras dan kemampuan kader untuk melakukan sosialisasi partai kepada masyarakat.

Meski hasil survei popularitas Partai Demokrat di Jabar turun drastis, namun Iwan optimis masih bisa mempertahankan raihan pada Pemilu Legislatif 2009.
“Pilkada Jabar 2013 ini merupakan batu loncatan untuk Pemilu Legislatif, dukungan pada Pilkada 2013 jelas akan berpengaruh bagi raihan di Pileg tahun berikutnya,” katanya.

Selain itu menurut Iwan, pihaknya mengadopsi “Teori Pareto” dalam menggalang kekuatan yakni dengan merekrut kader-kader loyal untuk menggandeng orang disekitarnya, sehingga ajakan dilakukan secara berantai.
Iwan juga mengimbau kepada kadernya untuk lebih dekat kepada rakyat dan menggelar program sosial kemasyarakatan dengan membantu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi rakyat.

“Bikin bedah rumah dan respon dalam tanggap darurat. Jangan diam bila terjadi kondisi darurat di daerah masing-masing,” kata Iwan Sulanjana. Selain itu Kader Demokrat juga, kata Iwan, wajib menerangkan kepada masyarakat terkait program-program pemerintah yang telah, sedang, dan akan dilakukan.

“Banyak program pemerintah pusat yang diklaim oleh para kepala daerah, itu perlu diterangkan kepada rakyat,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Jabar itu.

Sementara itu Sekretaris DPD Partai Demokrat Jabar H. Herlas Juniar menyebutkan, pelantikan koordinator daerah dan seksi DPD Partai Demokrat Jabar merupakan salah satu upaya meningkatkan efektifitas kepengurusan partai itu dalam melakukan pendampingan dan menyerap aspirasi dari masyarakat.

“Korda dan seksi akan bergerak, melakukan pendampingan, pengawasan dan juga mengkoordinasi aspirasi untuk selanjutnya menjadi dasar untuk pengambilan kebijakan partai,” kata Herlas Juniar menambahkan.

sumber : antarajawabarat.com /Div.KPD/Roni.-[bk.-]

Categories: NEWS | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: