Musim Reses, bisakah dimanfaatkan untuk Mengefektifkan Fungsi Representasi ?

wnReses DPR RI mulai sejak tanggal 25 Oktober 2013.  Reses ini merupakan waktu yang diberikan kepada para anggota DPR untuk mengunjungi konstituen di dapilnya masing-masing untuk menyerap aspirasi masyarakat. Para anggota dewan selain diberikan tunjangan transportasi mereka pun dibekasi sejumlah dana untuk mengunjungi dan menyerap berbagai aspirasi masyarakat yang mereka butuhkan. Diantara fungsi reses itu, yaitu bagaimana mereka menjalankan fungsi Representasi atau fungsi perwakilan sebagai WAKIL RAKYAT di dalam konteks menjalankan fungsi Legislasi, fungsi Budgeting dan Fungsi Kontrol terhadap jalannya pemerintahan.

Untuk mengetahui apakah kegiatan reses itu efektif atau tidak, maka pertanyaanny adalah apakah yang akan dilakukan para anggota DPR tersebut selama menjalani masa reses? Lalu bagaimana mekanisme pertanggungjawaban reses terhadap kaitannya dengan aspirasi yang mereka tampung, apakah akan efektif akan menjadi bagian penting dari program-program yang dijalankan pemerintah? Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi bagian dari “kegelisahan intelektual” beberapa kawan aktifis yang masih mempunyai militansi dan idealisme di dalam kehidupannya sehari-hari.

Untuk mengetahui sejauhmana program dan efektifitas kegiatan reses, maka perlu kiranya secara kritis, kita mengevaluasi dan mengawasi jalannya reses dan manfaatnya bagi masyarakat. Jika tidak maka bukan soal resesnya yang kurang baik tetapi soal orangnya dan sdm para wakil rakyat tersebut yang kurang bertanggung jawab dan tidak kreatif dalam menyerap aspirasi rakyat ……  AYO ABSEN siapa para anggota DPR RI, khususnya di daerah pemilihan Jabar IX yang sudah benar2 turun menyerap dan menjalankan kegiatan reses di lapangan …… ( wd )

Categories: NEWS | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: