Hakekat Perjuangan Politik ……..

WAWAN DARMAWAN, CALEG DPRD PROPINSI JAWA BARAT PARTAI DEMOKRAT NO 4, DAPIL JABAR IX (SUMEDANG-MAJALENGKA-SUBANG)

WAWAN DARMAWAN, CALEG DPRD PROPINSI JAWA BARAT PARTAI DEMOKRAT NO 4, DAPIL JABAR IX (SUMEDANG-MAJALENGKA-SUBANG)

BERKUNJUNG ke sana kemari memenuhi undangan para sahabat-sahabat KaWAN. Memenuhi undangan mulai dari sahabat-sahabat se alumni sekolah SMPN, SLTA dan se kampus di berbagai daerah yang masuk ke daerah pemilihan. Tempat tinggal mereka menyebar karena pekerjaan, ikut ke suami, isteri atau orang tuanya.

Pagi, siang, sore dan malam pun adalah bagian dari perjalanan silaturahmi bertemu dengan sahabat-sahabat KaWAN. Kebutuhan berkawan dan bersilaturahmi yang penulis rasakan jauh lebih nikmat dan mulia ketimbang semata-mata soal karena ada tujuan-tujuan lain yang bersifat jangka pendek. Apalagi semata-mata karena ada momen pemilihan legislatif, 9 April 2014 nanti.

Ketika bertemu, ketika bersalaman, berangkulan dan saling menanyakan kabar masing-masing, terutama soal siapa pasangan, punya anak berapa, dimana pekerjaan, bagaimana kabarnya? adalah pertanyaan-pertanyaan yang menarik dan menjadi pertanyaan inti untuk memenuhi rasa ingin tahu perkembangan masing-masing.

Perjalanan silaturahmi dalam proses sosialisasi pencalegan, niscaya ada resiko yang harus “dibayar”. Resiko mengalokasikan waktu, biaya, kesiapan mental dan kesiapan fisik adalah bagian yang terpenting seorang calon legislatif. Pun demikian kecapaian, kelelahan, panas terik matahari, adalah bagian sisi lain yang kerap dihadapi seorang caleg dalam kunjungan-kunjungan di lapangan. Semua kegiatan itu menguras waktu, biaya, tenaga dan pikiran.

Pertanyaan menariknya adalah untuk siapa itu dilakukan, karena apa semua kegiatan itu dilaksanakan dan atau apahakekat perjuangan itu? Jika semua itu hanya diorientasikan semata-mata hanya untuk meraih tujuan mendapatkan kursi sementara ketika perhitungan suara ternyata kursi itu tidak didapatkan, apa yang terjadi? Banyak yang stress, jadi gila, hutang menumpuk, dan problem-problem sosial lainnya.

Bagi penulis dasar hakekat perjuangan politik itu sejatinya adalah ibadah. Pondasi iman dan keyakinan untuk melaksanakan semua aktifitas itu harus benar-benar clear, jika tidak bisa stress kita. (wd)

Categories: ARTIKEL | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: